Salam sehat, makmur, dan sejahtera.

Sebelum anda belajar tentang asuransi syariah, alangkah baiknya jika anda tahu faktanya bahwa pada  saat ini terdapat banyak sekali beragam  perusahaan asuransi. Masing-masing perusahaan saling bersaing memaparkan keunggulannya untuk menarik minat nasabah, namun sayang pada akhirnya tidak sedikit perusahaan asuransi yang kerapkali merugikan nasabahnya, baik itu dari segi biaya, waktu, tenaga, maupun pikiran. Seperti halnya yang terjadi kasus baru-baru ini, ada beberapa perusahaan yang tidak mau memberi atau mempersulit dalam proses ganti rugi kepada nasabah dan keluarganya. Barangkali mereka menganut sistem dasar aturan yang tidak jelas. Maka dari itu, kebanyakan perusahaan-perusahaan asuransi tersebut kerapkali kesulitan dalam usahanya bahkan bisa jadi mengalami kebangkrutan. Kondisi ini kontras berbeda dengan perusahaan yang melandaskan aturannya pada sistem syariah. Lantas, apa yang yang dimaksud dengan asuransi syariah ? Apa keunggulannya yang membedakannya dengan asuransi yang lain ? Untuk mengisi rasa penasaran anda, mari baca paragraf berikut.

Pengertian asuransi syariah berdasarkan Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan atau sumbangan yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui Akad yang sesuai dengan syariah. Asuransi ini layaknya sebuah sistem di mana para peserta mendonasikan sebagian atau seluruh kontribusi/premi yang mereka bayar untuk digunakan membayar klaim atas musibah yang dialami oleh sebagian peserta.

Perbedaan yang paling mendasar adalah karena sistem syariah itu suatu sistem Islami yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada seluruh makhluk. Yang didalamnya tidak ada unsur kecurangan maupun riba. Peraturan yang didapat juga dianggap menguntungkan untuk pihak nasabah atau konsumen. Meskipun belum terlalu populer, namun asuransi ini tengah naik daun sudah mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Perlu anda ketahui bahwa bangsa Eropa saat ini yang notabene penduduknya mayoritas non muslim telah menerapkan sistem syariah pada perusahaan asuransi maupun badan keuangan lainnya. Alhasil, keuangan para perusahaan tersebut terus dapat bertahan bahkan berkembang dan mampu mengungguli perusahaan asuransi pada umumnya.

Keunggulan asuransi syariah dibandingkan asuransi umum/konvensional, yaitu :

  1. Di tiadakannya dana hangus
    Dana hangus biasa terjadi pada asuransi yang konvensional, peserta asuransi syariah bisa mendapat kembali dananya. Meskipun belum dalam jatuh tempo, pengalaman Pak Edi ketika ingin mencairkan dana tersebut secara tiba-tiba karena suatu hal, maka asuransi ini bisa mengabulkannya.Semua kembali pada keinginannya sebagai nasabah. Keuntungan ini yang paling “diperjualkan” oleh asuransi tersebut untuk menarik nasabah. Kembali pada hukum syariah, nasabah atau konsumen haruslah diuntungkan dan mendapatkan perjanjian yang jelas dengan pihak asuransi.
  2. Hasil Investasi
    Selanjutnya, banyak yang merasa khawatir akan investasi dana pada asuransi konvensional atau asuransi umum. Namun berbeda di asuransi ini, Pak Edi sudah memiliki hasil investasi yang lebih beragam, karena instrumen investasi syariah sudah beragam, oleh sebab itu bisa memberikan tingkat pengembalian investasi yang menarik dan juga optimal untuk nasabahnya. Selain itu, Pak Edi menginvestasikan dana, maka hasil investasi (Mudharabah) akan lebih tinggi dibandingkan menabung dengan deposito.
  3. Sangat toleran apabila telat membayar
    Pernah terjadi waktu itu Pak Edi mengalami ketelatan pembayaran (bukan pemberhentian pembayaran), proteksi pada dananya tidak akan berubah. Asuransi syariah tidak akan mengutak-atik keamanan dari dana Pak Edi ketika mengalami telat membayar premi yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.
  4. Pembagian nisbah yang dibilang tinggi
    Pembagian nisbah yang mencapai 70%untuk nasabah dan 30% untuk asuransi merupakan daya tarik asuransi syariah selanjutnya. Ketika mengikuti asuransi, pasti ada alasan khusus yang membelakanginya. Pak Edi mengikuti asuransi kesehatan, maka beliau berharap asuransi akan membantu membayar atau mengcover seluruh pembayaran kesehatan, baik dari murah hingga yang mahal.
    Ataupun asuransi pendidikan yang membantu membayar biaya anak-anak dan sekolah mereka ketika Pak Edi mengalami kesulitan keuangan, bahkan hingga tidak bisa bersekolah.Asuransi syariah tentu memberikan keuntungan tinggi yang menunjukan bahwa nasabah diuntungkan dan sesuai dengan peraturan sistem syariah. Tentunya beliau yang menggunakan asuransi syariah tentu tidak perlu khawatir.
  5. Asuransi "Double Claim"
    Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari asuransi syariah adalah bisa melakukan double claim. Disini, Pak Edi bisa memanfaatkan perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit untuk semua anggota keluarga. Jika Asuransi tersebut menggunakan kartu atau cashless, maka satu polis bisa digunakan untuk satu keluarga.
    Sehingga preminya tentu bisa lebih murah. Dibandingkan asuransi yang tidak bisa satu polis untuk satu keluarga, karena harus satu polis satu orang. Tentu akan membuat kita kerepotan kan? Karena pembayarn preminya juga mesti masing-masing pula.
  6. Bebas dari kontributor dasar
    Kontributor dasar akan dibebaskan apabila terjadi ketidakmampuan total yang disebabkan oleh penyakit ataupun kecelakaan. Peserta bisa menikmati manfaat asuransi meskipun dalam situasi ketidakmampuan total. Fasilitas ini tidak bisa didapatkan di asuransi lain. Selain itu mendapat penggantian biaya rumah sakit yang disebabkan kedua hal tersebut yakni, penyakit parah dan juga kecelakaan yang dilengkapi fasilitas cashless yang mempermudah perawatan biaya rumah sakit secara tunai.
Nahh, itulah keunggulan keunggulan asuransi syariah dibandingkan asuransi konvensional maupun yang pada umumnya. Sangat menarik bukan ? Pastinya materi yang sudah saya paparkan tadi, tentunya ada sesuatu yang ingin anda tanyakan. Ya, tanyakan saja mengenai hal-hal yang berputar-putar di otak anda. Langsung saja tanya ke ahlinya layanan konsultasi asuransi APRUON. Disitu, anda mendapatkan berbagai macam informasi tentang asuransi. Selain menambah wawasan anda, di sisilain pelayanannya sangat baik dan ramah. Tidak heran, jika APRUON sering di gunakan banyak orang sebagai layanan untuk berkonsultasi mengenai perihal asuransi.

APRUON adalah sebuah layanan konsultasi asuransi gratis, dimana orang- orang bisa bertanya semua hal tentang asuransi dengan menggunakan layanan ini. Terdapat juga fitur Call me dimana pengguna bisa meminta pihak konsultan untuk menghubungi mereka di waktu yang di inginkan.

Beda nama beda cerita, Pak Joko adalah seorang pegawai tetap di suatu perusahaan di Semarang. Untuk menjamin masa depan diri dan keluarganya, gajinya yang UMR tersebut beliau sisihkan perbulannya untuk pembayaran premi kepadasalah satu asuransi. Karena penggajiannya seringkali memasuki tanggal pertengahan bulan, maka beliau juga seringkali mengalami keterlambatan pembayaran. Jikalau telat terus-menerus tentu saja di kenai sanksi, hal inilah yang menjadi problema Pak Joko. beliau berfikir jika ada perusahaan asuransi yang toleran terhadap pembayaran, maka beliau akan memilih perusahaan tersebut, waktu itu beliau galau tidak tahu harus bagaimana. Untungnya saya sebagai sahabatnya sejak kecil,  memahami perasaan sahabat saya tersebut. Kemudian coba saya tawarkan  untuk berkonsultasi ke APRUON. Akhirnya, setelah mendapatkan pencerahan, kini kawan saya itu beralih ke asuransi syariah. Mengapa demikian ? Pencerahan apa yang di berikan layanan tersebut untuk Pak Joko ? Tetunya anda penasaran, mengapa tidak di coba saja sendiri siapa tahu anda memiliki problem yang sama atau setidaknya sekedar mengisi rasa keingin tahuan anda.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.



 
Toggle Footer